Indonesia Eats

Sambal Bakso Megahsari (Chili Sambal for Bakso)

Bakso is such a staple food in Indonesia, though this food was influenced by the Chinese. In Indonesia, it’s sold mostly at street food vendors or hawkers. In several cities in East Java, such as Probolinggo, bakso is a meatballs soup that is served with lontong (rice cake), and soun (mung bean noodles). In Malang (East Java), bakso Malang or bakwan Malang usually has fried filled wonton (pangsit goreng), steamed filled wonton (siomay), steamed/fried filled tofu, noodles, fried meatballs, meatballs, fried/steamed innards (such as cow lungs, chitlings, tripes) etc. In West Java, I found a different style of bakso, it is a meatballs soup that is served with bihun (rice noodles), noodles, blanche yuey choy and bean sprouts.

As I remember there is a bakso street vendor in my city, they are served bakso with mung bean noodles and as condiments they put fresh limes in small bowls and small knifes on their tables. So we can cut and squeeze the lime over the bakso by ourselves. They use fresh limes instead vinegar which I believe it’s healthier. Bakso vendors usually have variety of condiments such as sambal (chili paste), ketchup, fried shallots/onion, vinegar or lime, chinese chives, green onion, etc.

Since I have been living in Canada, I have to make my own bakso if I really crave. It means I need sambal as condiment. I used to add Indonesian hot sauce, but since I can find sambal bakso for purchase which is packed in a jar, so I don’t have to make my own sambal bakso (chili paste for bakso) or add Indonesian hot sauce. According to the package noted, it is made from fresh chilies, salt and sugar, then blend together. This is really tasted just like sambal bakso when I was in Indonesia. Sambal Bakso “Megahsari” is manufactured by PT Megahsari Howardy, Jakarta Indonesia.

Pin It

34 thoughts on “Sambal Bakso Megahsari (Chili Sambal for Bakso)”

  1. Retno Prihadana

    Wah, kayaknya produk merek ini nggak ada tuh di toko Indonesia dan toko asia di Hamburg, pasaran disini didominasi indofood. Aneka sambal jenis lainnya kebanyakan produk buatan Belanda, beberapa udah pernah nyoba juga..cuman rasanya masih belum pas menurut seleraku lho ya. Produsennya harus kasih sample tuh sama Toko Indonesia di sini 🙂

  2. Kebetulan temen di Belanda, dapat sambal ini dikirim dari Indonesia, dia juga bilang rasanya persis ama sambal abang2 bakso di Indo.Aku sendiri dapat ini dari Vancouver kebetulan pas liburan ada salah satu pengimpor produk2 Indo di Vancouver sedia ini. Dia juga pemasok barang2 Indo untuk toko-toko di Winnipeg

  3. Retno Prihadana

    Wah, kayaknya produk merek ini nggak ada tuh di toko Indonesia dan toko asia di Hamburg, pasaran disini didominasi indofood. Aneka sambal jenis lainnya kebanyakan produk buatan Belanda, beberapa udah pernah nyoba juga..cuman rasanya masih belum pas menurut seleraku lho ya. Produsennya harus kasih sample tuh sama Toko Indonesia di sini 🙂

  4. Kebetulan temen di Belanda, dapat sambal ini dikirim dari Indonesia, dia juga bilang rasanya persis ama sambal abang2 bakso di Indo.

    Aku sendiri dapat ini dari Vancouver kebetulan pas liburan ada salah satu pengimpor produk2 Indo di Vancouver sedia ini. Dia juga pemasok barang2 Indo untuk toko-toko di Winnipeg

  5. To Lia. Dulu aku punya maag terjang aja ama sambal. Cabe itu khan sebetulnya bisa buat memperlancar aliran darah, vit C yang tinggi

  6. To Lia. Dulu aku punya maag terjang aja ama sambal. Cabe itu khan sebetulnya bisa buat memperlancar aliran darah, vit C yang tinggi

  7. Did you mean sambal bakso? Sure you can have it with nasi lemak or nasi hainan. I recomended for nasi hainan you have to add garlic paste into the sambal.

  8. Did you mean sambal bakso? Sure you can have it with nasi lemak or nasi hainan. I recomended for nasi hainan you have to add garlic paste into the sambal.

  9. pertama saya kenal sambal bakso keluaran pt. megahsari howardy, ketemu di marrickville (toko vietnam). setelah balik ke indonesia, sy ketemu di hari hari itc roxy mas setelah itu menghilang. beberapa bulan yang lalu thn 2009, sy ketemu sambal bakso ini di sumber rezeki hayam wuruk,sy beli 3 botol, beberapa lama kemudian kata orang tokonya bahwa suppliernya sudah tidak masukkan sambal bakso keluaran pt. megahsari howardy, melainkan sekarang dimasukkan sambal bakso megahsari by sparindo food, pedas juga tapi tetap tidak bisa kalahin sambal bakso pt. megahsari howardy. penasaran nih dimana ya yang masih jual sekarang, pengen ogut borong abis dah, teman temanku pada nitip nih, puseiiinggg…. kaga kesampean….tolong donk suppliernya masukin lagi sambal bakso pt. megahsari howardy SOON ASAP TOP URGENT….

  10. pertama saya kenal sambal bakso keluaran pt. megahsari howardy, ketemu di marrickville (toko vietnam). setelah balik ke indonesia, sy ketemu di hari hari itc roxy mas setelah itu menghilang. beberapa bulan yang lalu thn 2009, sy ketemu sambal bakso ini di sumber rezeki hayam wuruk,sy beli 3 botol, beberapa lama kemudian kata orang tokonya bahwa suppliernya sudah tidak masukkan sambal bakso keluaran pt. megahsari howardy, melainkan sekarang dimasukkan sambal bakso megahsari by sparindo food, pedas juga tapi tetap tidak bisa kalahin sambal bakso pt. megahsari howardy. penasaran nih dimana ya yang masih jual sekarang, pengen ogut borong abis dah, teman temanku pada nitip nih, puseiiinggg…. kaga kesampean….tolong donk suppliernya masukin lagi sambal bakso pt. megahsari howardy SOON ASAP TOP URGENT….

  11. hi bisa ga kalau buat sendiri bumbu2 nya apa aja??soalnya di tempat di kota kecil ku tdk ada sama sekali toko asia:( so bisa kasih tahu gak resepnya cara membuat sambal bakso abang abang,thank ya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.